Sabtu, 08 Oktober 2011

BANDWITH, ISP, dan FTP


BANDWITH
Internet terdiri dari puluhan juta komputer di seluruh dunia, semuanya terhubung dengan kabel. ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan yang memiliki koneksi yang sangat kecepatan tinggi (dan sangat mahal) ke Internet.
Mengapa begitu lama diperlukan untuk men-download halaman Web tertentu atau file lain ke komputer, itu semua ditentukan oleh bandwidth dari koneksi antara komputer dan Internet Service Provider. Yang mengatakan, itu semua bergantung pada kabel yang menghubungkan komputer ke modem ke ISP. Itu koneksi sering disebut sebagai last mile, seperti diilustrasikan pada Gambar 1.

Ketika membuka sebuah halaman web atau download file, itu perjalanan sangat cepat dari mana pun hal itu terjadi untuk berada di planet Bumi ke ISP. Ini kemudian perjalanan dari komputer ISP ke komputer. Kecepatan yang sebenarnya di mana informasi bergerak melalui kawat selalu sama, tidak peduli apa bandwidth mungkin. Artinya, elektron dijalankan melalui kabel pada kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya, sekitar 670.000.000 MPH (670.000.000 mil per jam). Pada kecepatan itu, Anda bisa lingkaran dunia 7 kali per detik, atau 420 kali per menit. Jadi mengapa tidak mengambil begitu lama untuk setiap halaman web yang Anda kunjungi untuk muncul di layar Anda? Itulah dimana bandwidth masuk.
Account Internet dial-up, yang menggunakan saluran telepon standar untuk menghubungkan ke ISP, memiliki bandwidth yang sangat sempit (sekitar 50 Kbps atau 50.000 bit per detik). Jadi, hal-hal yang lambat dalam arti bahwa dibutuhkan waktu yang lama untuk men-download sesuatu.
Sebuah account internet broadband dapat memindahkan data di mana saja dari 128 Kbps menjadi 2.000 Kbps atau lebih. Dibutuhkan banyak waktu lebih sedikit untuk mendapatkan halaman web atau file dari ISP kompute ke komputer menggunakan account broadband daripada yang dilakukannya account dial-up.
Jadi semuanya bandwidth (seperti banyak hal "senang komputer") bermuara pada waktu vs keputusan uang. Dapat menghabiskan jumlah tambahan per bulan untuk sambungan yang lebih cepat, dan menghabiskan sedikit waktu menunggu untuk hal-hal untuk men-download. Atau, menghabiskan lebih sedikit uang pada account dial-up, tapi menghabiskan lebih banyak waktu menunggu untuk hal-hal muncul pada layar komputer.

INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)
Penyelenggara Jasa Internet (disingkat PJI) (Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.
Biasanya, ISP menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan. Hubungan ini biasanya dibagi menjadi dua kategori: modem ("dial-up") dan jalur lebar. Hubungan dial-up sekarang ini banyak ditawarkan secara gratis atau dengan harga murah dan membutuhkan penggunaan kabel telepon biasa. Hubungan jalur lebar dapat berupa ISDN, non-kabel, kabel modem, DSL, Internet satelit. Broadband dibanding modem memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat dan selalu "on", namun lebih mahal.

FILE TRANSFER PROTOCOL (FTP)
FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk mentransfer file antara komputer di jaringan. FTP digunakan  untuk bertukar file antar rekening komputer, mentransfer file antara account dan komputer desktop, atau arsip akses perangkat lunak online. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa banyak situs FTP yang banyak digunakan dan memerlukan beberapa usaha sebelum menghubungkan. Sebuah klien FTP merupakan sebuah program yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain.
Graphical FTP klien menyederhanakan transfer file dengan memungkinkan untuk drag dan drop ikon file antara jendela. Ketika membuka program, masukkan nama host FTP (misalnya, ftp.empire.gov ) dan username dan password. Jika login ke server FTP anonim, mungkin tidak harus memasukkan apa-apa. Dua umum FTP program Cyberduck (untuk Mac) dan WinSCP (untuk Windows).
Dapat menggunakan web browser untuk terhubung ke FTP alamat persis seperti yang terhubung ke alamat HTTP. Menggunakan web browser untuk transfer FTP membuatnya mudah untuk mencari direktori besar dan membaca dan mengambil file. Web browser juga akan mengurus beberapa rincian menghubungkan ke sebuah situs dan mentransfer file. Meskipun metode ini mudah, web browser sering lambat dan kurang dapat diandalkan dan memiliki lebih sedikit fitur daripada klien FTP khusus.
 FTP [def.] ,  itu adalah sesuatu yang dapat berguna saat membuat sebuah situs Web. Dalam kasus membuat situs Web, ini berarti bahwa jika membuat halaman untuk situs pada komputer, baik menggunakan editor teks atau editor halaman Web lain, maka akan perlu untuk memindahkannya ke server di mana situs akan diselenggarakan. FTP adalah cara utama untuk melakukan hal ini.

Sumber :
ccforum.com
en.wikipedia.org/.../Internet_service_provider 
en.wikipedia.org/wiki/Bandwidth
en.wikipedia.org/wiki/File_Transfer_Protocol  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar